Ilustrasi konstruksi

Pentingnya Ketelitian Perencanaan serta Ukuran Baja Ringan dalam Pembuatan Rangka

Menggunakan ukuran baja ringan yang salah serta perencanaan yang kurang pas dapat membuat rangka konstruksi bangunan menjadi membahayakan. Apa saja akibatnya dan penyebabnya? Berikut adalah ulasannya.

Akibat kesalahan penghitungan dan perencanaan baja ringan

Baja ringan merupakan salah satu produk inovasi teknologi dalam dunia konstruksi. Keberadaannya membawa banyak sekali keuntungan sehingga menjadi salah satu produk konstruksi yang sangat ramai penggunaannya. Akan tetapi meski memiliki kelebihan tentu ada saja kekurangan yang dimilikinya. Salah satu kekurangan yang besar yang dimiliki oleh baja ringan adalah mengenai ketepatan dalam pelaksanaan perencanaannya.

Dalam perencanaan pembuatan rangka konstruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat tinggi. Jika dalam perencanaan terjadi kesalahan penghitungan, maka hasil pembuatan konstruksi baja ringan akan menjadi hal yang membahayakan. Hal ini disebabkan karena kesalahan dalam penghitungan akan menyebabkan kesalahan dalam pemilihan ukuran baja ringan yang terlalu tipis yang dapat berakibat fatal yaitu menyebabkan bangunan menjadi ambruk.

Jenis kesalahan dalam pemasangan baja ringan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kekurangan ketelitian dalam perencanaan dapat menyebabkan kesalahan penghitungan beban yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pemilihan ukuran baja ringan. Tapi kesalahan yang dapat menyebabkan konstruksi bangunan menjadi ambruk bukan hanya kesalahan ukuran saja. Selain kesalahan ukuran, sebuah konstruksi baja ringan juga dapat disebabkan karena

  • Salah penghitungan kemiringan

Jika terjadi kesalahan penghitungan kemiringan, maka beban yang mampu ditanggung oleh bangunan konstruksi menjadi tidak sesuai. Hal ini juga dapat menyebabkan bangunan ambruk. Apalagi baja ringan lebih banyak digunakan untuk membuat rangka bangunan yang besar. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang bukan?

  • Salah penghitungan beban tambahan

Selain beban yang dimiliki oleh atap sendiri, dalam penghitungan rangka atap juga perlu dilakukan penghitungan terhadap beban tambahan yang mungkin dialami oleh rangka. Beban tambahan tersebut bisa berupa beban tambahan seperti beban angin, beban hujan dan masih banyak lagi. Kurangnya konsiderasi mengenai keberadaan beban tambahan ini menyebabkan perencana memilih ukuran baja ringan yang kurang besar atau kurang tebal yang berakibat kurang kuatnya rangka baja ringan yang dihasilkan. Seperti yang kita tahu baja ringan lebih banyak digunakan untuk membuat rangka bangunan komersil sehingga pasti akan dibuat dengan usaha penggunaan dana seminimal mungkin bukan?

Agar tidak memiliki resiko

Kekurangan yang dimiliki oleh rangka yang dibuat dengan menggunakan baja ringan ini dapat diminimalisir jika anda menggunakan jasa pembuatan rangka konstruksi baja ringan yang terpercaya. Usahakan gunakan orang yang sudah profesional dan memiliki banyak pengalaman. Pengalaman yang dimiliki oleh jasa konstruksi baja ringan yang anda gunakan wajib memiliki pengalaman yang luas dalam mengerjakan berbagai jenis model struktur rangka dari baja ringan. Hal ini membuat rangka anda lebih aman karena memiliki ukuran baja ringan yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *