kuliah di eropa

Kiat Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Eropa

Setiap orang memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah di Eropa. Tapi kalau balik ditanya mengapa ada orang yang lolos, ada yang tidak? Ada banyak faktor yang dipertimbangkan saat memilih kandidat dan setiap faktor tersebut sebetulnya bisa disiasati oleh kamu. Berikut ini kiat-kiat supaya kamu bisa lolos beasiswa.

Ubah dirimu jadi calon potensial

Beasiswa manapun tidak akan memilih kandidat secara sembarangan. Kandidat yang terpilih biasanya memiliki keistimewaan tertentu yang membuatnya pantas dianugerahi beasiswa. Kebanyakan kandidat memang memiliki prestasi akademik yang tinggi, tapi bukan itu saja yang menjadi patokan menerima beasiswa. Ada orang yang diterima karena kemampuan organisasinya dan ada juga yang diterima karena sifat filantropinya. Kalau kamu ingin mendapatkan kuliah beasiswa ke Eropa, ubahlah dirimu menjadi pribadi yang memiliki keistimewaan seperti di atas. Caranya? Rajin belajar supaya nilai akademikmu meningkat, aktif di organisasi, menjadi sukarelawan, atau perbanyak riset.

Persiapkan persyaratan sebaik-baiknya

Umumnya persyaratan administrasi yang diperlukan untuk pengajuan beasiswa adalah CV, motivation letter, recommendation letter, dan tes kemampuan bahasa Inggris (di Negara-negara tertentu tes kemampuan berbahasa local juga diperlukan). Persiapkan persyaratan administrasi ini sebaik-sebaiknya dan sebisa mungkin siapkan jauh-jauh hari sebelum batas akhir pengajuan.

CV harus dibuat informatif menggambarkan apa saja pencapaian akademik dan non akademik yang telah kamu lakukan sampai saat ini. Di motivation letter tunjukkan semangat dan kesiapanmu kuliah di jurusan yang kamu tuju. Carilah orang yang memiliki reputasi baik serta yang mengenal dirimu dengan baik untuk menulis recommendation letter buat kamu. Ingat, ada kemungkinan komite beasiswa kuliah di Eropa akan menghubungi si pemberi rekomendasi untuk crosscheck. Jadi jangan asal memilih orang atau yang lebih parah, memalsukan surat rekomendasi.

Tidak pantang menyerah

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jadi kalau kamu tidak lolos di satu beasiswa jangan langsung menyerah dulu. Ada banyak penerima beasiswa yang mengalami nasib yang sama yaitu harus berkali-kali ditolak sebelum akhirnya lolos menjadi kandidat. Ambil hikmahnya saja. Dengan gagal berkali-kali maka kamu diberi kesempatan mengetahui kekuranganmu. Berbeda dengan orang yang sudah menyerah setelah satu kali penolakan. Mereka tidak akan mengetahui dimana letak kekurangannya sehingga mereka tidak memperbaiki dirinya sendiri ke tingkat yang lebih baik. Penerima beasiswa kuliah ke Eropa tidaklah boleh pantang menyerah karena nanti di Eropa sana mereka harus berjuang juga. Akan susah hidup di sana nanti jika memiliki kebiasaan gampang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *