mainan outdoor TK

Seimbangkan Antara Belajar dan Bermain Anak

Masa kanak – kanak merupakan masa yang sangat penting. Karena dimasa inilah tumbuh kembang anak sedang berjalan sehingga membutuhkan perhatian yang lebih. Bagi anak-anak yang sudah memasuki taman kanak-kanak atau TK, mereka biasanya senang bermain dengan mainan outdoor TK.

Pentingnya Memberikan Waktu Bermain Pada Anak

Memiliki anak memang memberikan kebahagiaan tersendiri. Bahkan segala bentuk kerepotan dan kewalahan yang dirasakan seolah kalah dengan rasa bahagia yang diberikan saat melihat tingkah dan polah sang anak. Apalagi melihat anak sangat aktif dan sehat tentu menjadi kepuasan tersendiri.

Merawat anak memang memiliki masa atau fase yang berbeda. Dan setiap fase tersebut sudah pasti memiliki keribetan tersendiri. Mulai dari ketika bayi, seringkali sebagai orang tua tidak mengerti kemauan si bayi ketika menangis. Bayi yang belum bisa melakukan hal apapun membuat kita sebagai orang tua wajib melayani dan merawat serta menjaganya dengan baik.

Lain lagi ketika balita, dimana anak mulai terlihat aktif dan mulai belajar mengenal hal – hal baru. Fase aktif ini tentu merupakan waktu yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang anak. Karena saat balita inilah anak tak hanya sedang berkembang secara fisik, namun juga secara psikologi. Sehingga sangat penting untuk memaksimalkan fase ini.

Berbeda lagi ketika anak sudah menginjak remaja. Dimana anak mulai merasa memiliki dunia sendiri sehingga sebagai orang tua harus memiliki pola asuh dan strategi tersendiri untuk mengatasinya. Namun dari sekian fase dalam mengurus anak, tentunya tetap ada kebahagiaan tersendiri.

Namun pada kali ini kita hanya akan fokus pada membahas pada masa kanak – kanak dimana anak masih menginjak masa balita, misalnya saja ketika anak dalam masa TK. Pada masa ini sebagai orang tua sudah harus mulai bisa menyeimbangkan pola didik yang diterapkan pada anak. Memang sudah sewajarnya jika peran orang tua adalah mendidik dan mengajarkan anak banyak hal. Berbagai hal yang bisa mengembangkan pola pikir maupun mental sang anak.

Dan tentu saja dalam mengajarkan atau mendidik anak ini haruslah seimbang. Jangan terlalu diforsir dengan cara memberikan pelajaran secara terus – menerus. Ada kalanya orang tua harus memberikan waktu pada anak untuk bermain. Hal ini sangat penting karena untuk menghindari anak merasa bosan dan tertekan.

Karena ketika anak merasa tertekan, nantinya akan berpengaruh terhadap segi psikologis anak. Dan hal seperti ini tentunya sangat tidak baik bagi perkembangan mental sang anak. Dengan menjaga keseimbangan antara pola didik serta waktu bermain anak, akan membuat anak lebih enjoy dan menikmati masa pengenalan terhadap hal – hal baru. Dan sebagai orang tua haruslah jeli dalam mengkombinasikan metode tersebut agar mendukung perkembangan anak makin maksimal.

Anda bisa mengajarkan anak dengan cara – cara atau memanfaatkan metode lain. Misalnya saja melalui gambar, film, musik maupun dengan menggunakan berbagai macam permainan. Saat ini ada banyak sekali macam permainan yang tak hanya mampu membuat anak senang namun juga mengedukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *